About My City

Pare, Kediri, Jawa Timur

Sebuah kecamatan di kabupaten Kediri, provinsi Jawa Timur. Pare terletak pada 25 km sebelah timur laut kota Kediri dan 120 km barat daya kota Surabaya. Pare berada dijalur Kediri-Malang dan jalur Jombang-Kediri, serta Jombang-Blitar.










-          CIRI KHAS DAERAH

SIMPANG LIMA GUMUL



        Monument Kediri yang bentuknya menyerupai L’arch D’ Triomphe yang ada di Perancis tersebut berdiri megah di tengah – tengah persimpangan Lima Gumul – Kediri. Bedanya, Monumen ini memiliki spirit berdirinya Kabupaten Kediri sehingga monument ini di posisikan tepat di tengah jalur lima jalan arah Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren dan Menang.

         Disisi monument Kediri terpahat relief –relief tentang sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang. Angka luas dan tinggi monument juga mencerminkan tanggal, bulan dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri, 25 maret 804 Masehi.

        Kawasan ini juga tak pernah sepi pengunjung di malam hari dengan bersantai di area monument ataupun menikmati kuliner tradisional yang berjualan di pedagang kaki lima yang berjejer di area Pasar Tugu.



-          Gethuk Pisang



Gethuk pisang adalah salah satu makanan khas kediri. Olahan dari pisang ini rasanya manis legit dan dibungkus dengan daun pisang mirip lontong. Sesuai dengan namanya, Gethuk Pisang bahan pokoknya dari buah pisang. Warnanya merah kecoklatan, kenyal tidak terlalu lembek dan juga tidak begitu keras.


-          Kesenian jaranan

Di Kabupaten Kediri terdapat beberapa kesenian Jaranan yang dapat dinikmati diantaranya Jaranan Senterewe yang merupakan jaranan yang digemari, karena dalam penampilannya selalu disertai hiburan lagu-lagu yang bernada. Seluruh kesenian jaranandi Kabupaten Kediri berada di bawah naungan Paguyuban Seni Jaranan Kabupaten Kediri.Kesenian Jaranan biasanya banyak di gelar pada bulan syuro dan pada saat bersih desa atau yg sering di sebut (Bersih deso).

Kesenian jaranan di gemari oleh banyak masyarakat dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Pertunjukan jaranan di juga di mainkan oleh anak-anak. Jaranan merupakan kesenian khas dan sangat populer di Kabupaten Kediri, penarinya menung gang kuda yang terbuat dari anyaman bambu, dan diiringi musik gamelan, beberapa penari lain menggunakan bentuk caplokan dan celeng.

Dalam Kesenian Jaranan ini terdapat sebuah atraksi yang banyak digemari oleh penonton, salah satu diantaranya adalah ketika pemain jaranan sedang mengalami kesurupandan menampilkan atraksi yang tidak bisa dinalar oleh akal manusia.


Komentar

Postingan Populer